Islamkan Nusantara

Akhir2 ini kita sering mendengar tentang polemik yang beredar di negeri ini,sebuah wacana tentang Islam Nusantara. Tema ini diangkat oleh sekelompok komunitas yang mengatasnamakan diri mereka dengan jaringan islam nusantara. Bahkan tema ini semakin mengkristal ketika berlangsungnya muktamar NU beberapa waktu lalu yang mengangkat tema yg sama..tentu saja apresiasi yang sangat mulia jika maksud dan tujuannya sangat baik dalam membangun moral dan bangsa ini kedepannya..namun gerakan islam nusantara seiring perjalannya ingin memurnikan ajaran islam dan menolak arabisasi di negeri ini..dari segi positifnya tujuan mereka sangat baik untuk menunjukkan kepada dunia bahwa islam di negeri ini adalah rahmatan lil alamin. TetapI bagaimana mungkin visi misi mereka salah satunya menolak arabisasi di negeri ini..bukankah islam pertama kali diturunkan di negeri arab. Menolak budaya dan arabisasi mungkin bisa diterima kerena bisajadi ada beberapa hal yang harus dikritisi tentang budaya mereka…

Namun yang menjadi pertanyaan kenapa proses arabisasi yang mereka perdebatkan?…jika mereka menolak kata saya menjadi ana. Menolak kalian menjadi antum.menolak maaf menjadi afwan.bagaimana dengan proses westernisasi tidak kalian  singgung sedikitpun?…kalian menolak saudaraku berubah kata menjadi akhi..tapI kalian mendiamkan I love you menjadi padanan kata yg biasa di bahasa indonesia..kalian menolak lagu2 arab hadir di negeri ini.tapi kalian manggut2 ketika budaya k-pop menjamah remaja negeri ini..jadi Intinya kalian bukan anti arab tapi kalian anti islam.

Semoga tulisan ini bisa menjadi refleksi dalam memaknai Hari Kemerdekaan Di negeri ini…di usia yang ke-70 tahun..sudah merupakan waktu yang renta dalam usia manusia..lihat ke sejarah masa lalu kemerdekaan ini di bayar dengan darah para syuhada dan ulama yang berjihad menentang penjajahan kafir belanda..Indonesia ini sudah di bangun dari pemikiran ulama masa lalu..

Semoga Allah meridhoi Negeri ini dan menjadi negeri baldatun thoiyiibun wa robbun ghoffur..amin

Wallahu a’lam

Dian Oka Putra.,S.HI.,M.Sha
Aktivis lembaga Pengkajian Islam Dan Peradaban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s