Sandarkan Semua Pada Allah

image

Suatu ketika Al Hasan bin Ali bin Abi Tholib ditimpa krisis keuangan. Dia mendapatkan gaji setiap tahun sebanyak seratus ribu. Pada suatu malam Muawiyah tidak memberikan bayaran itu kepadanya, maka dia pun menderita akibat krisis keuangan tersebut. Al hasan berkata,”Saya meminta tinta kepada salah seorang sahabat untuk menulis surat kepada Muawiyah tentang bagianku, namun saya tidak melakukannya.”

Tiba-tiba dalam tidurku saya melihat Rasulullah berkata,”Bagaimana keadaanmu wahai Hasan?”

Saya katakan,”Saya baik-baik saja wahai kakekku.”Saya kemudian melaporkan tentang ditundanya bayaran yang seharusnya diberikan kepada saya. Lalu Rasulullah bersabda,”Apakah engkau memanggil seseorang agar kamu bisa menulis permohonan kepada makhluk sepertimu dan kamu peringatkan bayaranmu?”

Saya katakan,”Ya, wahai Rasulullah, lalu apa yang sebaiknya saya lakukan?”
Kemudian Rasulullah bersabda,”Katakan doa ini :
Ya Allah tanamkan dalam dadaku harapan untukMu, dan putuslah harapanku kepada selainMu hingga tidak saya gantungkan harapanku kepada selainMu. Ya Allah tanamkanlah dalam dadaku yang saya tidak uat melakukannya dan saya tidak dapat menanggungnya dan keinginan yang tidak saya sampaikan kepadanya, dan belum pernah terlontar pada lidahku apa yang Engkau berikan kepada orang-orang terdahulu dan belakangan dari keyakinan, maka berikanlah itu kepadaku wahai Rabb semesta alam.

Al Hasan berkata,”Demi Allah belum seminggu saya mengucapkan doa ini, ternyata Muawiyah mengirim kepada saya uang sebanyak sejuta lima ratus ribu. Lalu saya katakan,”Segala puji bagi Allah yang tidak pernah melupakan orang yang mengingatNya dan tidak pernah mengecewakan orang yang memintaNya.”

Kembali saya melihat Rasulullah dalam mimpiku. Dia berkata,”Bagaimana keadaanmu wahai Hasan?”

Saya jawab,”Baik-baik saja wahai Rasulullah!” lalu saya beritahukan kepadanya apa yang telah terjadi. Rasulullah berkata,”Wahai anakku, demikianlah orang yang menggantungkan harapannya kepada Yang Maha Pencipta dan tidak pernah menggantungkan harapannya kepada makhlukNya.”

Dikutip Dari Buku “Do Something Miracle Happen” Karya Dian Oka Putra

@putraadventure

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s