Antara Kita Ada Kambing, Sapi dan Onta

kurban_devrekani

Tak beberapa hari lagi umat muslim seluruh dunia akan merayakan Ibadah Qurban yang jatuh pada hari Jum’at, tanggal 22 September 2015/ 10 Dzulhijjah 1436 H, yang ketika itu tepatnya, para jema’ah haji di Makkah pun akan berwukuf di Padang Arafah, sebagai prosesi puncak dari Ibadah Haji, di tahun-tahun biasanya dalam ibadah haji ini memang umat islam di seluruh dunia merayakan ibadah qurban yang terminologi berarti korban hewan, yang biasanya di sebut secara lumrah dengan pemotongan hewan Kurban, namun coba kita, tela’ah maksud dan tujuan dari Ibadah Kurban tersebut, ketika penyemblihan hewan dilakukan,  kenapa yang disemblih selalu sapi, ataupun kambing, dan jika di negeri negeri-negeri arab, Onta lah yang menjadi hewan penyemblihan. Padahal didalam ayat atau hadits sekalipun tidak ada pengkhususan hewan tersebut untuk di sembelih.

Kemudian timbul pertanyaan yang cukup menarik, apakah harus Sapi, Kambing, dan Unta saja kah yang menjadi hewan kurban, dari sekian banyak hewan yang halal untuk dimakan. Bagaimana jika ayam atau burung yang di korbankan, apakah mungkin karena mereka jauh lebih kecil dari sapi, kambing dan onta, ? tapi bagaimana jika ayam dan burung disemblih dengan jumlah yang cukup banyak?. Nah disinilah inti dari Apa hikmah yang dapat kita ambil dari pemotongan Sapi, Kambing, dan Unta menjadi hewan Kurban?

  1. Sapi simbol Kerakusan

Sapi, seperti sifatnya yang selalu ingin makan, bahkan ketika beristirahat pun sapi terus mengunyah, karena apa? Karena sapi diciptakan oleh Allah dengan nafsu makan yang sangat tinggi. Dari sifat sapi tersebut, kita ambil sebuah kaca perbandingan dengan  sifat manusia yang juga rakus.Allah melarang kita agar jangan rakus dalam hal apapun, sebab Allah telah membarikan jatah rezekinya masing-masing kepada manusia. Rakus     adalah salah satu sifat sapi yang harus di korbankan didalam diri manusia, kita dituntut untuk mengorbankan kerakusan kita dalam hal apapun, salah satu sifat manusia adalah tidak pernah merasa cukup, dan ingin selalu lebih dari apa yang mereka miliki, oleh sebab itulah Allah melarang kita untuk tidak rakus, dan mengorbankan kerakusan dalam diri kita.

  1. Kambing simbol Kemalasan

dalam hal ini Saya ambil salah satu dari sifat kambing, yaitu kemalasanya, kemalasan kambing yang selalu malas akan mandi menjadikannya bintang yng paling bau dari yang lain. Disini kita pun dituntut untuk mengorbankan kemalasan kita, salah satu sifat manusia yang tak jauh bedanya dengan sifat kambing adalah ketika kita diselimuti akan perasaan malas yang berlebihan akan sesuatu, dan itulah yang menjadi kan kita tak jauh beda dengan seekor kambing yang notabene nya juga pemalas, Allah menginginkan kita untuk menjadi muslim yang tangguh yang bisa merubah nasibnya sendiri dengan sempurna , Allah tidak menjadikan kita seorang yang pemalas, yang mampu menengadah tanpa mampu berusaha, sebab Allah telah menghamparkan rezekinya keberbagai penjuru, dan tinggal kita lagi yang berusaha mencarinya.

  1. Onta simbol Penimbun Harta

Salah satu binatang yang biasa dikorbankan di negara-negara timur tengah adalah Onta. Onta merupakan binatang negeri padang pasir, yang bisa bertahan di padang pasir yang tandus berhari-hari tanpa asupan air dan makanan sedikitpun. karena Onta diberikan kelebihan oleh Allah yaitu mempunyai tempat untuk penyimpanan air cadangan yang terletak di atas punggungnya. Onta adalah salah satu jenis bintang yang memiliki keunikan yang tersendiri, jika di analogikan kepada manusia, dapat kita ambil salah satu dari sifat manusia yang selalu menimbun hartanya. Padahal Allah telah melarang kita untuk menimbun harta, sebab Allah pun telah memberikan rezeki kepada manusia. Menimbun harta adalah salah satu sifat buruk yang tidak yakin dengan rizki Allah yang berlimpah. Manusia seperti ini beranggapan bahwa dia ragu akan pertolongan Allah.

Itulah hikmah nya kenapa manusia diperintahkan untuk mengorbankan hartanya, dan berkorban dengan memotong Sapi, Kambing, dan Onta. Sebab kita diperintahkan untuk mengorbankan rasa rakus, malas, dan tamak,  Kerana ketiga hewan tersebut mempunyai sifat yang tak jauh berbeda dari manusia, dan kita di tuntut untuk mengorbankan sifat-sifat tersebut.

Jadi, apakah kita mau di sebut Sapi, Kambing atau Unta? Ayo korbankan mereka untuk mencapai keridhoan-NYA.

Salam..

Happy Eidul Adha 1436 H

DIAN OKA PUTRA

(Aktivis Lembaga Pengembangan Islam dan Peradaban)

*artikel pernah di muat di koran harian analisa medan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s