JadiLah Petualang Ilmu..

image

Ilmu itu sebuah anugerah dan juga ujian, ia adalah rezeki ruhani dari Rabb Yang Maha Pemurah. Layaknya harta yang merupakan bagian dari rezeki jasmani, ilmu yang merupakan rezeki ruhan ini pun bisa bertambah dan bisa berkurang. Layaknya ujian-ujian Allah lainnya, ilmu bisa mengangkat derajat dan membawa manusia ke syurga dan bisa juga mencelakakan. Ilmu bisa melapangkan dada bahkan bisa menyempit dan menghimpit pemiliknya.

Jika semakin bertambahnya ilmu semakin berat timbangan amalnya, semakin memudahkan dan menerangi jiwa-jiwa disekitarnya, semakin mendekatkan ruhnya kepada Rabbnya Yang Maha Tinggi. Intinya ilmu yang bermanfaat itu ilmu yang akan membuat pemiliknya semakin takut kepada Allah, semakin membuat ia tawadhu dan tidak merasa punya apa-apa. Bukan ilmu yang kemudian menjadikan ia pribadi seorang pencela, selintas santun namun tak sadar ianya adalah bagian dari tipudaya iblis.

Jika banyaknya ilmu itu kemudian membuatnya angkuh, lalu apa bedanya dengan kesombongan pemilik harta dunia. Jika kebaikan, kelebihan, kecerdasan, penguasaan ilmu yang Allah mudahkan pada dirinya lalu membuat ia merasa tinggi dan merendahkan yang lainnya maka ingatlah bahwa si Iblis itu pun dahulu tinggal ditempat yang tinggi, dekat dengan Allah, do’anya terijabah, bahkan memiliki iman atau tauhid rububiyyah yang mendekati sempurna, namun dihatinya ada kesombongan dan yang merupakan manifestasi dari hasad ketika ia merendahkan Nabi Adam alaiyhimussalam.

Lalu siapakah engkau wahai manusia?
Haruskah ilmu-ilmu yang mencengangkan itu membuat engkau berdiri dan berjalan dengan angkuh, sehingga dengan ringannya engkau mencela disetiap ucapan dan tulisan?

Saat kita mulai mencela, artinya kita mulai melupakan aib sendiri.

@putraadventure

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s