Sahabat

image

Tidaklah sempurna iman seseorang sampai ia mencintai sahabatnya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri, inilah kata junjungan kita.rasulullah SAW. Ada apa pada diri sahabat, sampai iman kita belum sempurna sebelum mencintainya?” Karena persahabatan artinya CINTA, atau cinta melahirkan persahabatan. Kita dituntut untuk mengutamakan kebutuhan sahabat kita, dari sinilah sifat egoisme harus kita lawan. Adalah albarro bin anas yg rela telapak tangannya terbakar demi menolong sahabatnya diwaktu perang khoibar. Salman alfarisi berkeinginan kuat ingin menikah, akhirnya pergilah ia melamar seorang gadis  ditemami sahabatnya. Namun apa yg terjadi justru gadis tadi memilih teman yg mengantarnya, akhirnya bekal persiapan nikah salman tadi ia serahkan pada sahabatnya dengan senyuman ikhlas tanpa kecewa. Subhaanallah….

banyak kisah yg telah diabadikan dalam sejarah, tentang bagaiman salaful umah membuktikan apa itu arti dari persahabatan, mari menengok kondisi kita sekarang disaat sahabatnya miskin iapun menjauh krn takut jika sebagian hartanya terkurangi dipinjam atau dimintai oleh sahabatnya yg miskin. Ketika sahabat kita belum berkerja, kitapun sibuk mengkritisinya tanpa memberikan solusi atau peluang kerja untuknya. Ketika sahabat kita bodoh, kitapun merasa hina jika berteman dgnya, bahkan terkadang kita membedakan ia dg teman kita yg sudah sukses atau lebih berpendidikan, disaat bergaul kita lebih menghormatinya dan menganggap biasa teman kita yg masih dibawah dari segi sosial maupun pendidikan. Ketika teman kita berpendapat, kita langsung mendebatnya dimuka umum biar orang tahu bahwasanya kita lebih hebat daripada teman kita. Ketika kita diberi rizki lebih oleh ALLAH kitapun menjauh dari teman kita. Tak rela jika teman kita tahu disaat kita berkecukupan… Astagfirullah”  apakah ini arti pertemanan kita,  apakah hanya basa basi senyumanmu disaat itu….??? 

Apakah ini jiwa dai dan mujahid?  Bagaimana jika nanti istri dan anak sahabat kita ditinggal pergi berjuang jihad dijalan ALLAH.   Apakah kalian mau menanggungnya?   Wahai jiwa tentu itu terasa berat jika kita belum memulainya dari yg kecil terlebih dahulu….yaitu sudah kah kita sampai saat ini melihat sahabat kita tersenyum karena kebaikan kita??

Muhasabah diri…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s