Biarkan Saja

image

Biarkan tetangga bersorak-sorai menonton acara dangdut yang lagu-lagunya diulang-ulang sejak awal episode hingga sekarang. Biarkan kebahagiaan tetangga sebagai kehangatan suasana paska hujan deras setengah hari ini.

Toh, tikungan jalan beraspal menuju kolam yang ada di bawah saja, bersedia mengantarkan aliran air sesuai arahnya. Contoh keren bahwa saling bersedia lebih nyaman dihayati.

Suara-suara kendaraan yang terkadang bergemuruh dan menggetarkan kaca-kaca jendela, tikus tiba-tiba keluar dari gorong-gorong, katak yang mendadak loncat dari saluran air, dan terkadang ular tersesat masuk ke warung depan rumah demi mencari sebuah tempat yang hangat. Meski sang ular harus berhadapan dengan pemilik warung yang terkadang berakhir tidak beruntung.

Anak laki-laki yang baru pulang ngaji, menyambut hari esok dengan cara mereka menendang bola di antara gang yang membuat getarannya menembus dinding. Biarkan semua itu terjadi,meski seorang laki-laki paruh baya baru pulang dari rumah sakit karena paru-parunya dioperasi beberapa hari kemarin. Beliau tidak menyuruh istrinya untuk memarahi mereka yang sedang bahagia memantul-mantulkan bola ke dinding rumahnya. Bisa jadi, mereka gaduh karena menuju rumah yang lebih tenang setelah energinya habis sepanjang jalan dan kelelahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s